Monday, June 8, 2015

Satria F dengan Karburator PE 28 "Si Primadona"



Selamat datang maniak speed lover…. kenalin nama saya Jehan Bima Akbar biasa dipanggil jehan saja. Disini saya akan berbagi tips setting karbu khususnya PE 28 untuk satria fu………
Karburator RX-KING 135cc
Berawal dari ketidakpuasan terhadap karbu vacum mikuni BS26 std satria fu. Yang tarikannya lemot + Top speed nggak maksimal. Ane putusin buat jauh-jauhin tu karbu dari Fu Ane, Alias Ganti Karbu. Hehehe… 
Pilihan pertama, ane coba karbu RX-King Ori, tetap menggunakan PJ/MJ standart. Alhasil tarikan Fu ane jadi lebih bringas + nendang-nendang. Untuk menambah akselerasi  yang lebih cepat,Per kopling std ane lengserkan dan tergantikan oleh per kopling Raider 150 merk Kawahara.
Porting Polish jg tk lupa ane terapin untuk memperlancar suplay bahan bakar ke ruang pembakaran serta menambah power dan topspeed. Dari modif kecil-kecilan tadi, ane dpt peroleh topspeed 152km/jm. Lumayan memuaskan sih utk mtor std dan yang pasti siap adu betot sama mtor cc 150an lainnya…Xixixixixi :D
Karburator PE 28 ane

Baru seminggu menggunakan Karbu RK-King, Virus baru datang lagi, kenalin yang satu ini namanya PE 28 NSR SP Thailand. Pasti sudah pada nggak asing lagi nama karbu ini di telinga para speedlover lainnya. Untuk karbu yang satu ini, banyak yang ane rubah dari standartnya..mulai dr PJ/MJ yang aslinya 152/42 ane ganti 115/40 (mainjet udah pake pwk punya). Kemudian lanjuuuut dengat bubut bagian moncong depan dan belakang karbu,yang bertujuan untuk memperlancar debit udara yang masuk.
Untuk dalemannya ane pake Head nozzle pwk 18 lubang,kemudian nozzle dan jarum skep ane tetap pertahanin yang std’nya. Tak brhenti di situ saja,ane juga bor moncong depan karbu buat tempat power jet..Power jet saya buat dari pilot jet std satria f. Langsung saja ke inti….Cara setting karbu PE 28 di satria fu, yang pertama jagang tengah motor, kemudian hidupkan motor dengan stelan gas pada rpm 3000..kalo sudah, lanjuutt dengan menutup setelan angin pada karbu sampai mentok..lalu perlahan buka setelan angin tadi kearah kiri sambil memperhatikan teriakan suara mesin. Bila suara mesin sudah langsam dan pada rpm jarumnya stabil, berarti settingan sudah ketemu..biasanya 1-1,5 putaran ke kiri stelannya sudah ketemu. Untuk benar-benar memastikan setelan karbu sudah pas, bisa anda check warna busi setelan mesin anda gas sampai rpm tertinggi..warna busi yang menunjukkan hasil terbaik yaitu berwarna Merah Bata/coklat .Alhasil Topspeed,Akselerasi, dan nafas bawah sampai atasnya jadi ngisi terussss….mannntaappp…!!!
Topspeed 158km/jm mampu tercapai dengan mudah pada Fu ane..itu aja masih kepentok sma limiter cdi std  satria f  . Soal Jetting Pe 28 yg sering dipakai orang awam bisanya PJ/MJ 115/38, 118/38, 120/40, 122/42..Tp utk Karbu Pe inyong, ane pasang PJ/MJ 115/40 + power jet dr PJ std stria fu..setiap karakter motor pasti minta settingan PJ/MJ yang berbeda-beda, tidak hanya karena oprekan mesin yang diterapin berbeda dengan yang lainnya, tapi juga bisa karna suhu di daerah sobat-sobat yang berbeda pula..

Demikian yang bisa saya share buat maniak speed lover semuannya..bila ada kesalahan dalam isi artikel ini, saya jangan dimarahin ya Kaka’ :D tetap berinovasi dan slalu berpikir kreatif, Salam satu aspal….

Satria F dengan Karburator PE 28 "Si Primadona" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment